Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri Kemenristek, Kepala SMKN 5 Bojonegoro Raih Juara I

MALANG – Upaya mendukung pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) khusus dari sisi pengembangan SDM, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang menggelar Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri bagi Kepala Sekolah SMK tahun 2021 yang dilaksanakan selama 77 hari daring dan luring.

Sebagai informasi, Kemenristek membekali para Kepala SMK agar memiliki kompetensi kepemimpinan yang selaras dengan kebutuhan pengembangan SMK PK. Kepala SMK harus memiliki kemampuan tata kelola melalui entrepreneur leadership sehingga mampu mewujudkan tujuan SMK dalam menghasilkan lulusan SMK yang berkarakter kuat untuk bekerja dan berwirausaha.

Dalam kegiatan tersebut, SMKN 5 Bojonegoro adalah satu-satunya SMK Pusat Keunggulan yang mewakili Provinsi Jawa Timur dan Yudi Pramono sebagai Kepala SMKN 5 Bojonegoro berhasil meraih Juara 1.

“Terima kasih kawan-kawan pengelola dan Prodi Teknik Energi Terbarukan yang telah membantu suksesnya program ini,” ungkap Yudi Pramono, Kepala SMKN 5 Bojonegoro, Kamis (23/12/2021).

Pihaknya berharap, SMKN 5 Bojonegoro menjadi SMK Pusat Keunggulan bidang Teknik Energi Terbarukan dan Perminyakan yang akan semakin diterima masyarakat Bojonegoro, apalagi mulai tahun 2022 nanti, Perpres No.80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan di Jawa Timur akan segera terealisasi dengan adanya bantuan APBN senilai Rp. 65,5 M untuk SMKN 5 Bojonegoro.

“Kedepan, kami berharap bisa mewujudkan SMKN 5 Bojonegoro menjadi Sekolah Unggulan bidang Perminyakan, Teknik Energi Terbarukan dan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian yang bisa menjadikan anak didik kami berkualitas dan profesional,” harap Yudi Pramono.

Sementara itu, hasil akhir Diklat Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri dengan Sertifikasi Chief Executive Officer (CEO) Dirjen Vokasi yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang Tahun 2021 ini sebagai juaranya adalah:
– Juara 1 : Yudi Pramono asal SMKN 5 Bojonegoro
– Juara 2 : Ade Firdaus asal SMKN 2 Pandeglang
– Juara 3 : Susila asal SMKN 4 Pandeglang
– Harapan 1 : Aep Gumiwa asal SMKS PGRI 1 Tangerang
– Harapan 2 : Hendratno Widhiatma asal SMKS Citra Medika
– Harapan 3 : Juanda asal SMKN 1 Cibadak, Sukabumi.

Sumber : https://kabarpasti.com/peningkatan-kapabilitas-manajerial-berbasis-industri-kemenristek-kepala-smkn-5-bojonegoro-raih-juara-i/

Leave a Reply

Your email address will not be published.